Mau Nikah Saat Wabah Covid 19 Melanda, Ikuti Petunjuknya di K.U.A  

KILASRIAU.com - Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Indragiri Hilir akan membuka kembali pendaftaran nikah setelah ditutup beberapa hari yang lalu.

Kepala Kemenag Inhil, H. Harun, S.Ag., M.Pd melalui Kasi Dinas Islam Kemenag Inhil l, H. Khairudin, S.Ag menyebutkan berdasarkan jadwal yang tertera sekarang pada tanggal 1 April besok, pendaftaran menikah buat masyarakat kembali akan dibuka di Kantor Urusan Agama (KUA).

"Tanggal 1 April akan berjalan normal lagi proses pernikahan, jika tidak ada edaran dari Kementrian selanjutnya," jelasnya, Senin (30/3/2020).

Khairudin katakan, dalam minggu kemarin proses pendaftaran pernikahan sempat terhenti sejenak karena ada himbauan dari Kementrian terkait dengan wabah Covid 19.

"Tanggal 26 hingga 31 Maret 2020 memang ada surat dari Kementrian untuk ditunda dulu bagi masyarakat yang ingin mendaftar menikah, namun bagi yang sudah terdaftar dan terjadwal sebelum ada surat edaran turun tetap dilanjutkan. Contoh Catin mendaftar tanggal 16 dan jadwalnya menikah tanggal 28 tetap akan dilaksanakan pernikahannya," tukasnya.

Khairudin kembali menjelaskan, proses penikahan pada saat kondisi sekarang ini berbeda dengan proses pernikahan sebelumnya karena ada beberapa Standar Operasional Prosudur (S.O.P) yang harus dipenuhi pihak Catin terkait dengan penanganan wabah Virus Corona.

"Proses nikah sekarang sedikit agak berbeda dari biasanya, ada petunjuk S.O.P yang harus dipahami catin, dan petunjuk itu sudah kami serahkan ke masing-masing Kantor Urusan Agama (KUA), salah satunya yakni menggunakan masker, tidak terlalu berdekatan, dan orang yang terlibat tidak boleh ramai, cukup yang punya andil saja dihadirkan, untuk lebih jelas silahkan dibaca saat mendaftar nanti," ujarnya.

Kendati demikian ia menghimbau kepada masyarakat untuk mengikuti petunjuk yang telah dibuat oleh pemerintah agar proses administrasi dan kegiatan berjalan lancar tanpa ada kendala.

"Sama-sama kita patuhi apa yang menjadi ketetapan pemerintah karena itu kepentingannya buat kita semua," imbuhnya.






Tulis Komentar